Sabtu, 18 Agustus 2012

Satu ≠ Homogen Total

Kemarin nonton iklan di TV dan jadi inget satu momen pas OSKM ITB 2012 kemarin... Hari terakhir, 31 Juli 2012 *ulang tahunnya JK Rowling

Seorang senior dari massa kampus bertanya kepada maba 2012, kurang lebih begini pertanyaannya:

"Kalian lihat di sini, kami massa kampus memakai jaket dengan warna yang berbeda-beda. Apa kalian yakin bahwa kami ini Satu KM ITB?"

Aku jelaskan sedikit yaa.. Yang dimaksud massa kampus itu mahasiswa-mahasiswa tingkat atas. Mereka yang udah tergabung dalam himpunan maupun unit mahasiswa. Di OSKM kemarin, massa kampus memakai jaket identitas himpunan / unit yang mereka wakili. Tentunya jaket setiap himpunan / unit memiliki ciri khas sendiri, salah satu yang gampang diamati ya warnanya. Himpunan X warna jaketnya abu-abu, unit Z jaketnya cokelat, dsb.

Terus, KM ITB itu apa?

Kalau di perguruan tinggi lain ada Badan Eksekutif Mahasiswa [BEM], di ITB kita punya Keluarga Mahasiswa [KM] ITB. Semua himpunan dan unit mahasiswa bernaung di bawah KM ITB ini. Mirip sama hubungan antara organisasi-organisasi ekskul di SMA dengan OSIS.

Balik ke pertanyaan tadi...

Setelah merenungkan pertanyaan itu aku punya jawaban. Untuk bersatu, kita tidak perlu melebur untuk menghasilkan suatu kelompok yang homogen total. Kita tetap boleh --bahkan harus-- memiliki 'warna' sendiri. Yang perlu dilakukan agar bisa mewujudkan persatuan adalah bersinergi, berusaha supaya aneka 'warna' dari masing-masing individu bisa saling melengkapi dalam harmoni.

Bahkan dalam unit terkecil kehidupan pun tidak ada ke-homogen-an total. Satu sel tubuh kita terdiri dari bermacam organel dengan spesialisasi masing-masing kan.... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think about this post? Please leave your comment!